Kemenag Tulunggung Berangkatkan Empat Kloter Haji Sekaligus

Tulungagung - Kementerian Agama (Kemenag) Tulungagung memberangkatkan ribuan jemaah calon haji dari empat kelompok terbang (kloter) sekaligus. Proses keberangkatan diwarnai isak tangis keluarga. 

Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kemenag Tulungagung , Imam Saerozi, mengatakan empat kloter yang diberangkatkan hari ini terdiri dari kloter 33, 34, 35 dan gabungan kloter 36. Proses pemberangkatan dibagi menjadi dua tahap pada pagi dan sore hari. 

"Pemberangkatan kami lakukan di Pendapa Kongas Arum Kusumaning Bongso, yang pagi tadi untuk kloter 33 dan 34 dan sore untuk kloter 35 dan 36," kata Saerozi, Rabu (17/7/2019). 

Rombongan jemaah asal Tulungagung diangkut menggunakan 32 bus yang disediakan oleh pemerintah daerah. 1.410 jemaah calon haji tersebut akan singgah terlebih dahulu di asrama haji Sukolilo Surabaya, selanjutnya pemberangkatan ke Arab Saudi akan dilakukan pada Kamis besok. 

Pemberangkatan calon haji tersebut sempat diwarnai isak tangis dari keluarga maupun kerabat yang mengantar. Sebab mereka akan terpisah dengan keluarga selama kurang lebih 40 hari. 

"Sebetulnya untuk jemaah asal Tulungagung terbagi menjadi lima kloter, namun untuk kloter 32 hanya tujuh orang yang dari Tulungagung, sehingga digabung dengan daerah lain," ujarnya. 

Saerozi menambahkan, dari 1.410 jemaah 40 persen diantaranya masuk kategori risiko tinggi (risti), dengan klasifikasi memiliki usia di atas 60 tahun serta memiliki riwayat penyakit tertentu. Namun seluruhnya dipastikan masih layak untuk diberangkatkan. 

"Alhamdulillah untuk Tulungagung yang kategori risti ini masih bisa berangkat, kalau yang tidak bisa berangkat itu yang memiliki riwayat gagal ginjal karena harus melakukan cuci darah secara rutin," jelasnya. 

Di sisi kain pihaknya juga telah memberikan imbauan kepada seluruh jemaah untuk menjaga kesehatan selama berada di Arab Saudi sebab pada musim haji tahun ini suhu udara di tanah suci diprediksi mencapai lebih dari 40 derajat Celsius. 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »