Melihat Ujian Praktik SIM C di Tulungagung

Tulungagung - Satlantas Polres Tulungagung mulai memberlakukan jalur baru pada praktik ujian SIM C. Pemohon SIM tidak hanya sekedar melewati lintasan, namun juga wajib mematuhi etika berkendara.

Kanit Regident Satlantas Polres Tulungagung Iptu Bagus Tejo Purnomo, mengatakan pada ujian praktik yang baru pihaknya telah menghapus jalur angka delapan dan zig zag. Sebagai gantinya kini diterapkan jalur S dan Y.

"Jalur ini sudah kami terapkan sejak 4 Agustus kemarin. Untuk tingkat kelulusan pada jalur yang baru ini rata-rata mencapai 80 persen," kata Bagus, Senin (14/8/2023).

Menurutnya, meksipun lintasan ujian praktik lebih simpel, namun tidak serta merta pemohon bisa lulus dengan mudah. Sebab untuk mendapatkan kelulusan, pemohon SiM C harus melintasi jalur dengan lancar dan mematuhi etika berkendara.

"Pemohon SIM tidak hanya dituntut terampil dalam berkendara, tapi juga memiliki etika dalam berkendara. Bagaimana memakai helm, cara berhenti, menggunakan sein hingga mematuhi arahan pengatur lalu lintas," jelasnya.

Sementara itu salah seorang pemohon SiM C , Indah Pambayun mengaku telah tiga kali mengikuti ujian praktik SIM dan akhirnya bisa dinyatakan lulus.

"Ini ujian yang ketiga, sekarang lulus. Kalau untuk jalurnya yang ini lebih mudah karena nggak ada lagi angka delapan dan zig zag. Yang terpenting mengikuti instruksi," kata Indah.

Sementara pemohon SIM yang gagal, Diansyah, mengaku masih belum lulus saat mengikuti ujian praktik berkendara. "Saya gagal karena salah tidak menggunakan pengereman kombinasi. Kalau untuk jalur sebetulnya mudah," kata Diansyah.

Meskipun gagal, ia mengaku tidak kapok untuk mengulang ujian praktik pada pekan depan. Pihaknya mengaku akan belajar lagi agar bisa lulus.

"Ya karena kebiasaan saya nggak pakai rem kombinasi, jadi kurang konsentrasi," imbuhnya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »