Polres Tulungagung Bentuk Kampung Bersih Narkoba

Admin 8/16/2023

Polres Tulungagung Bentuk Kampung Bersih Narkoba 

Tulungagung - Satnarkoba Polres Tulungagung membentuk kampung percontohan bersih narkoba (Bersinar). Program tersebut untuk menekan peredaran narkotika dan obat-obatan terlarang. 

Kasatnarkoba Polres Tulungagung Iptu Endro Purwandi, mengatakan desa yang dipilih menjadi kampung percontohan adalah Desa Gesikan, Kecamatan Pakel. Desa tersebut dipilih karena merupakan kawasan perlintasan antarkecamatan dan alternatif antarkabupaten. 

"Selain itu desa ini rata-rata penghasilan warganya menengah ke bawah, sehingga banyak yang merantau ke perkotaan," kata Iptu Endro Purwandi, Rabu (16/8/2023). 

Menurutnya kondisi tersebut dinilai cukup rawan menjadi kawasan perlintasan perdagangan narkoba. Sedangkan tingginya arus urbanisasi desa ke kota juga rawan menimbulkan dampak buruk dalam penyalahgunaan narkoba. 

"Peredaran itu yang banyak di kota, nah jika masyarakat desa yang merantau ke kota tidak mampu membentengi diri maka bisa terjerumus narkoba. Bahayanya ketika mereka pulang dan mempengaruhi yang lain," jelasnya. 

Dengan pencanangan kampung bersih narkoba tersebut diharapkan dapat menekan angka peredaran dan penyalahgunaan narkoba di desa. 

"Dalam program ini kami turun ke Desa Gesikan itu untuk melakukan sosialisasi dan pemahaman terkait bahaya narkoba, bersama BNN, bakesbangpol dan juga puskemas," jelasnya. 

Pembinaan secara berkelanjutan tersebut diharapkan akan memberikan pemahaman dan kesadaran masyarakat terhadap pemberantasan narkoba. 

"Nantinya akan dibentuk kader anti narkoba," kata Endro. 

Dikatakan, peningkatan kewaspadaan terhadap narkoba harus menjadi perhatian bersama. Sebab saat ini peredaran barang haram tersebut tidak hanya menyasar kalangan atas, namun sudah merembet ke masyarakat ekonomi lemah. 

"Kalau dulu sabu-sabu yang pakai hanya yang berduit, tapi sekarang pengedar juga semakin licik, mereka menyiapkan paket hemat dengan harga yang murah. Ini yang bahaya," imbuhnya. 

Jika program kampung bersinar tersebut berhasil, pihaknya akan mencanangkan kampung serupa di kecamatan yang lain. 

Sementara itu Satnarkoba Polres Tulungagung, peredaran narkoba saat ini paling tinggi berada di wilayah perkotaan, antara lain Kedungwaru, Sumbergempol dan Kecamatan Tulungagung. 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »