Mulai Hari ini 18 Perjalanan Kereta Api Lokal di Jatim Dihentikan Sementara

Admin 5/06/2020

Tulungagung - PT Kereta Api Indonesia (KAI) menghentikan 18 perjalanan kereta api lokal yang melintas di Daerah Operasi (Daop) 7 Madiun Jawa Timur, guna mendukung penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Surabaya dan sekitarnya. 

Manajer Humas PT KAI Daop 7 Madiun Ixfan Hendriwintoko, mengatakan pembatalan perjalanan kereta api lokal itu efektif mulai diberlakukan hari ini, Rabu (6/5/2020) sampai dengan 31 Mei 2020. 18 perjalanan KA yang dibatalkan terdiri dari 12 perjalanan KA Dhoho relasi Surabaya-Kertosono PP, relasi Kertosono-Blitar PP, serta 6 KA Penataran relasi Blitar-Surabaya PP. 

"Totalnya ada 18 perjalanan yang kami batalkan. Meski demikian masih ada 10 perjalanan KA lokal yang beroperasi setiap hari," kata Ixfan, Rabu (6/5/2020). 

10 kereta api lokal yang masih beroperasi adalah : 
KA 431 (Dhoho) relasi Blitar - Kertosoni.
KA 440 (Dhoho) relasi Kertosono - Surabaya kota.
KA 445 (Dhoho) relasi Surabayakota - Kertosoni.
KA 438 ( Dhoho) relasi Kertosono - Blitar.
KA 450 (Penataran) relasi Blitar - Malang - Surabaya kota.
KA 451 (Penataran) relasi  Surabaya kota - Malang - Blitar.
KA 481 (KRD) relasi Surabaya kota - Kertosono.
KA 482 (KRD) relasi Kertosono - Surabaya kota.
KA 483 (KRD) relasi Surabaya kota - Kertosono.
KA 482 (KRD) relasi Kertosono - Surabaya kota.

Lanjut dia kebijakan pengurangan layanan operasional kereta api lokal tersebut merupakan kebijakan langsung dari pimpinan pusat KT KAI di Bandung. Hal ini dilakukan guna mendukung penerapan PSBB di wilayah Surabaya, Sidoarjo serta Gresik. 

"Mohon maaf atas tidak terselengaranya ke 18 Perjalanan KA lokal tersebut, pembatalan ini memang harus dilakukan guna menjalankan peraturan pemerintah dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19," ujarnya  

Ixfan menambhakan, para calon penumpang di yang sudah terlanjur membeli tiket KA lokal diimbau segera melakukan pembatalan tiket. Sedangkan untuk menghindari terjadinya penumpukan di loket stasiun, proses pembatalan bisa dilakukan melalui aplikasi KAI Access.

"Nantinya bea tiket akan dikembalikan 100 persen kepada calon penumpang," jelasnya. 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »