Sempat Satu Acara Dengan Pengidap Corona, Dinkes Tulungagung Skrining Petugas Haji

Admin 3/28/2020

Tulungagung - Dinas Kesehatan Tulungagung melakukan pemeriksaan sejumlah petugas haji yang sempat terlibat satu acara dengan salah seorang warga Kediri yang meninggal dunia karena positif terpapar virus corona. 

"Sesuai dengan prosedur mereka akan kami lakukan pemeriksaan kesehatan. Kami akan segera koordinasi dengan tim," kata Juru Bicara Satgas Penanggulangan Covid-19 Tulungagung Bambang Triono, Kamis (26/3/2020). 

Pemeriksaan tersebut untuk memastikan apakah para petugas haji tersebut terpapar Covid-19 atau tidak. Sebab kegiatan bersama di Surabaya yang sempat diikuti oleh pengidap corona berpotensi menularkan kepada orang lain. 

Sementara itu Kasi P2P Dinkes Tulungagung Didik Eka, membenarkan adanya petugas haji yang menjadi sasaran skrining. Pihaknya mencatat ada sekitar delapan orang petugas medis. Sedangkan yang lain merupakan petugas dari kantor Kementerian Agama Tulungagung. 

"Semua (statusya) ODP, perawatnya ada lima atau enam, kemudian dokternya ada tiga orang. Dari Kemenag juga ada lo," kata Didik Eka melalui pesan WhatsApp. 

Sebelumnya seorang petugas ibadah haji dari salah satu organisasi keagamaan asal Kediri meninggal dunia. Dari hasil pemeriksaan laboratorium yang bersangkutan dinyatakan positif terpapar Covid-19. 

Sebelum jatuh sakit, pria yang juga dosen di salah satu perguruan tinggi tersebut sempat melakukan kegiatan bimbingan ibadah haji di Surabaya. 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »