Puluhan Anak TK Datangi Polres Tulungagung, Polisi Ajari Rambu-rambu Lalin

Tulungagung - Puluhan siswa Taman Kanak-kanak (TK) mendatangi Polres Tulungagung untuk mengenal lebih dekat tentang profesi polisi serta berbagai aturan dan rambu-rambu lalu lintas. 

Kedatangan para siswa TK tersebut disambut langsung oleh Kapolres Tulungagung AKBP Eva Guna Pandia. Di depan ruang kapolres, para siswa  dikenalkan berbagai rambu-rambu lalu lintas. Untuk mempermudah proses pengenalan, anggota polisi menunjukkan peraga berupa rambu-rambu mini. 

Para siswa dari PAUD Cordova Islamic School itu pun tampak antusias saat mendengarkan penjelasan dari polisi. Usai diajari rambu-rambu, anak diajak berkeliling di markas Polres Tulungagung dan ditunjukkan berbagai fasilitas maupun teknologi yang digunakan anggota kepolisian, salah satunya fasilitas pengendali kamera pemantau yang ada di ruang SPKT. 

"Lihat adik-adik, semua aktivitas yang ada di sekitar polres sini sudah dipantau pakai kamera, sehingga bisa kita lihat dari sini," kata salah seorang anggota polisi, Kamis (10/10/2019). 

Para siswa juga dikenalkan sejumlah fasilitas lain yang digunakan untuk melayani masyarakat, mulai dari layanan SKCK hingga ruang tahanan bagi para pelaku tindak kriminal dan pelanggaran hukum lainnya. 

"Kami tentu senang sekali mendapat kunjungan dari anak-anak PAUD ini, sehingga mereka bisa lebih dekat profesi polisi. Di sini tadi salah satu yang kami tanamkan adalah mengenal rambu-rambu lalin," kata Eva Guna Pandia, Kamis (10/10/2019). 

Dengan pengenalan rambu-rambu serta fungsinya sejak usia dini, diharapkan anak-anak akan memiliki tingkat kedisiplinan yang tinggi terutama saat berada di jalan raya. 

"Ini juga sekaligus sebagai edukasi kepada orang tua. Biasanya anak-anak itu dia ajak bepergian oleh orang tua dengan mobil atau motor, nah ketika ada rambu-rambu dan orang tua salah, anak-anak ini bisa mengingatkan," ujarnya. 

Kapolres menambahkan, Polres Tulungagung terbuka bagi siapa saja yang ingin berkunjung untuk menambah wawasan terkait tugas dan fungsi kepolisian. 

Sementara itu salah seorang guru PAUD Cordova Islamic School, Eli Wahyuni Setyowati, mengatakan kunjungan ke kantor polisi tersebut merupakan salah satu bagian dari materi pembelajaran di sekolahnya. 

"Ini masuk dalam tema pengenalan profesi halal, selain itu di sini juga banyak dikenalkan dengan berbagai tugas dan fungsi dari kepolisian," kata Eli. 

Menurutnya, tambahan ilmu pengetahuan khususnya lalu lintas merupakan bekal yang penting bagi anak didiknya. Sebab saat ini masih banyak pengguna jalan yang kurang tertib saat berkendara. 

"Sebetulnya kami miris ketika melihat pelanggaran lalu lintas, mulai dari pelanggaran rambu hingga aturan lainnya. Misalkan kewajiban memakai helm, padahal ini adalah salah satu bentuk melindungi anugerah Allah yakni kepala," ujarnya. 

Diharapkan ilmu yang diperoleh di kantor polisi tersebut dapat diaplikasikan oleh para siswanya salam kehidupan sehari-hari. 




Share this

Related Posts

Previous
Next Post »