Hiu Paus yang Terdampar di Pantai Bayem dikubur

Admin 4/24/2021

Tulungagung - Lantaran tidak boleh dimanfaatkan oleh masyarakat, seekor hiu paus yang tedampar di Pantai Bayem Tulungagung akhirnya dikubur. 

Proses penguburan hiu paus sepanjang 7,4 meter tersebut dipantau langsung oleh petugas Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (BPSPL) Denpasar wilayah kerja Jawa Timur. 

Analis BPSPL Denpasar wilayah kerja Jawa Timur Suwardi, mengatakan kebijakan untuk mengubur bangkai hiu paus itu telah sesuai dengan standar operasional prosedur penanganan hewan dilindungi. 

"Penanganannya ada dua, kalau dia terdampar dalam kondisi hidup maka sebaiknya secepat mungkin dilepas, tarik ke laut," kata Suwardi, Jumat (23/4/2021). 

Sedangkan jika tedampar dan kondisinya mati maka harus segera dibumihanguskan, dengan cara dibakar atau dikubur. Sebab ikan besar ini masuk kategori hewan dilindungi, sehingga tubuhnya tidak boleh dimanfaatkan oleh masyarakat. 

"Yang kedua kalau bisa dijauhi oleh masyarakat karena takutnya ada parasit atau penyakit yang bisa menular. Sehingga seharusnya masyarakat menjauhi," ujarnya. 

Khusus hiu paus yang tedampar di Pantai Bayem Tulungagung, pihaknya memilih opsi dikubur, hal ini paling mungkin dilakukan, karena kondisi pantai cukup luas dan ada ruang untuk tempat penguburan. 

Proses evakuasi bangkai ikan besar itu dilakukan oleh tim gabungan dengan cara didorong menggunakan alat berat dari bibir pantai, selanjutnya didorong ke liang kubur. 

Sementara itu dari identifikasi yang dilakukan BPSPL Denpasar hiu paus tersebut berjenis kelamin laki-laki dan tergolong masih muda. Hiu paus ini memiliki panjang 7,4 meter dengan lingkar badan lebih dari 2 meter. "Bobotnya sekitar 2 ton," imbuhnya. 

Sebelumnya, Sabtu sore seekor hiu paus atau whale shark terdampar di Pantai Bayem, Kecamatan Besuki, akibat terjebak jaring nelayan. Saat kejadian sejumlah nelayan dan warga berusaha melakukan upaya penyelamatan dengan didorong ke tengah. 

Namun sayang upaya itu gagal, lantaran bobotnya yang terlalu berat. Hiu paus tersebut akhirnya mati di pinggir pantai. 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »