Dua Pemuda Nekat Bobol Bank di Tulungagung, Tapi Gagal Buka Brankas

Tulungagung - Jajaran Polsek Ngantru Tulungagung mengamankan dua pemuda yang diduga sebagai pelaku pembobolan Kantor Kas Bank Jatim Ngantru. 

Kapolsek Ngantru AKP Puji Widodo, mengatakan kedua tersangka adalah Rustam Efendi (25) Desa Kroncong, Kecamatan Kandat, Kabupaten Kediri dan Angga Santoso (22) warga Desa Kendalrejo, Kecamatan Talun, Kabupaten Blitar. Pelaku diamankan di wilayah Sidoarjo dan Blitar. 

"Dari kasus ini kami juga mengamankan barang bukti palu, linggis kecil, DVR CCTV serta satu unit laptop," kata Puji Widodo, Selasa (9/3/2021). 

Kasus pembobolan bank ini pertama kali diketahui oleh karyawan, setelah mendapati glass box dinding di kamar mandi jebol. Setelah dilakukan pemeriksaan DVR penyimpanan CCTV dan laptop milik bank tersebut hilang. 

"Dari laporan itu kami melakukan langkah penyelidikan. Pada awal kasus dilaporkan kami menemukan DVR CCTV yang dibuang tidak jauh dari lokasi kejadian," ujarnya. 

Proses penyelidikan kasus pembobolan ini membutuhkan waktu sekitar satu bulan. Polisi akhirnya berhasil mengindentifikasi pelaku Rustam, ia ditangkap di tempat persembunyiannya di wilayah Sidoarjo. 

"Kemudian kami lakukan pemeriksaan dan mengembang ke tersangka lain warga Talun Blitar," jelasnya. 

Puji menambahkan, dari pengakuan tersangka, keduanya masuk ke dalam bank melalui belakang kantor bank dengan cara mecahkan empat glass box dinding di kamar mandi. 

Selanjutnya tersangka masuk dan berusaha mencari barang berharga di dalam bank. Bahkan pelaku sempat berusaha membuka brankas menggunakan linggis kecil. 

"Tapi karena pelaku ini masih amatir dan belum mengetahui tentang brankas, mereka gagal membukanya," jelas Kapolsek Puji. 

Lantaran tidak mendapat uang, akhirnya pelaku hanya membawa DVR CCTV serta satu unit laptop yang diletakkan di atas meja. 

Akibat kasus ini, kini pelaku diamankan di Polsek Ngantru dan dijerat Pasal 363 KUHP. 



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »