Lima Kali Masuk Penjara, Spesialis Pencuri Perkakas Bengkel Kembali Ditangkap

Tulungagung - Lima kali keluar masuk penjara tidak membuat seorang pelaku pencurian asal Tulungagung jera. Ia kembali ditangkap polisi lantaran karena kembali melakukan pencurian. 

Kapolsek Tulungagung Kota, Kompol Rudi Purwanto, mengatakan tersangka Mudi (50) Desa Tiudan, Kecamatan Kauman Tulungagung kembali ditangkap beserta barang bukti hasil curian berupa satu unit kompresor, mesin las listrik serta mesin bor. 

"Tersangka kami amankan karena melakukan pencurian di Pondok Pesantren Al Istighotsah di Kelurahan Panggungrejo, Kecamatan Tulungagung dan beberapa TKP lainnya," kata Rudi Purwanto, Senin (5/8/2019). 

Penangkapan tersangka berawal dari laporan pihak pesantren yang mengaku telah kehilangan satu unit mesin kompresor. Selanjutnya polisi melakukan upaya penyelidikan, hasilnya seluruh keterangan saksi, modus kejadian hingga barang bukti mengarah pada tersangka Mudi. 

"Kemudian anggota opsnal Unit Reskrim melakukan penangkapan terhadap pelaku. Nah di rumah pelaku ini kami mengamankan satu unit mesin kompresor yang dicuri," ujarnya. 

Selain itu pihaknya juga mendapati barang bukti lain berupa mesin las listrik dan bor listrik yang menurut keterangan pelaku didapatkan dari lokasi yang lain. Tersangka dan seluruh barang bukti akhirnya dibawa ke Polsek Tulungagung guna dilakukan proses hukum lebih lanjut. 

Dalam kejadian ini, polisi terpaksa melakukan tindak tegas terukur dengan melumpuhkan kaki pelaku lantaran berusaha kabur. 

"Dari pengakuan tersangka, dia ini sudah pernah keluar masuk penjara sebanyak lima kali, kasusnya ya mirip-mirip dengan ini. Sehingga ini merupakan kali ke-enam dia masuk penjara," imbuhnya. 

Mantan Kasat Sabhara Polres Jombang ini menjelaskan, tersangka biasanya melakukan aksi pencurian dengan cara mencongkel dan merusak gembok atau kunci rumah sasaran dengan menggunakan obeng. Akibat perbuatannya, Mudi akan dijerat pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal tujuh tahun penjara. 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »