Angin Puting Beliung Rusak Puluhan Rumah di Ngunut



Tulungagung - Angin puting beliung menerjang empat desa di Kecamatan Ngunut, Tulungagung. Akibatnya ratusan pohon tumbang serta puluhan rumah rusak.Selain itu satu pengendara sepeda motor harus dilarikan ke rumah sakit lantaran tertimpa pohon.

Camat Ngunut, Rahadi, mengatakan empat desa tang diterjang angin puting beliung adalah Ngunut, Gilang, kalangan dan Desa Sumberejowetan. Peristiwa yang terjadi sekitar Pukul 14.30 WIB tersebut ,mengakibatkan atap-atap rumah warga berterbangan.

"untuk rumah yang rusak banyak, kalau yang parah itu rata-rata tertimpa pohon. Sedangkan untuk yang terkena puting beliung langsung atapnya berhamburan," kata Rahadi, Jumat (22/2/2019).

Saat ini pemerintah belum bisa memastikan jumlah kerusakan rumah penduduk maupun fasilitas umum lain, karena masih dalam prose pendataan. Namun pihaknya memperkirakan jumlah rumah yang rusak mencapai puluhan unit.

"Selain itu ada juga kandang ayam yang ambruk, 2/3 ayam yang ada di dalamnya mati," ujarnya. 

Salah seorang warga Agus Arimimbi, mengatakan puting beliung tersebut berlangsung sekitar 10 menit, saat terjadi hujan deras, muncul pusaran angin dari arah timur dan langsung menyapu pepohonan maupun bangunan yang dilintasi.

"Cuacanya itu gelap, kemudian ada semacam kabut putih. Ini warung saya kena semua, ada yang tertimpa pohon juga.  Banyak sekali yang rusak di sekitar sini," kata Agus.

Tumbangnya ratusan pohon tersebut juga sempat menutup sejumlah akses jalan antar desa maupun antar kabupaten. Untuk membuka akses, petugas BPBD Tulungagung dibantu aparat TNI, Polisi dan warga bergotong royong menyingkirkan batang pohon yang melintang. Hingga Jumat petang proses pembersihan pohon tumbang masih dilakukan oleh tim gabungan.

Dikonfirmasi terpisah Kapolsek Ngunut, Kompol Siti Nurinsana, akibat bencana puting beliung tersebut seorang pengendara sepeda motor mengalami sejumlah luka dan harus dilarikan ke rumah sakit setelah tertimpa pohon tumbang saat melintas di Desa Gilang.

"Korban selamat, hanya saja mengalami luka-luka. Saat ini sudah dilarikan ke rumah sakit untuk proses penanganan medis," katanya. 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »