AGP Dilarang, Cargill Luncurkan Pakan Ternak Bebas Antibiotik


Tulungagung - Pelarangan penggunaan Antibiotic Growth Promoter (AGP)  pada pakan ayam petelur berdampak pada kualitas telur yang dihasilkan, selain itu sejumlah penyakit ayam juga banyak dikeluhkan para peternak. Untuk menyiasati persoalan itu, perusahan pakan ternak Cargill meluncurkan produk pakan bebas antibiotik. 

"Penyakit ayam lebih banyak kematian juga lebih banyak, hal inilah kemudian menjadi pertimbangan Cargill untuk mengeluarkan akan terbaru yakni QMax series, untuk solusi bagi peternak," kata Country Director Cargill Indonesia, Ivan Hindarko saat bertemu ratusan peternak di Tulungagung, Kamis (22/8/2019). 

Produk dari perusahaan asal Amerika tersebut diklaim sebagai solusi untuk mendorong produktivitas para peternak ayam petelur, sebab nutrisi yang diberikan telah disesuaikan dengan fase pertumbuhan ayam. Selain itu penggunaan produk pakan tanpa antibiotik akan menjamin produk telur yang dihasilkan akan lebih sehat dan aman untuk dikonsumsi. 

"QMax adalah pruduk seri tertinggi kami atau premium, ini akan mengefisienkan biaya produksi sehingga bisa menguntungkan peternak. Kandungan nutrisi yang ada pada QMax ini akan memaksimalkan ," ujar Ivan. 

Lanjut Ivan, Q-Max didesain khusus untuk menyiapkan ayam mencapai performa terbaik tiap fasenya, mulai dari fase starter hingga produksi, seluruh tahapan akan dilalui dengan pencapaian yang optimal terbukti dari hasil produksi ayam yang lebih baik, puncak produksi yang lebih panjang sesuai dengan standar produksi ayam petelur serta bobot afkir hingga 1,9 kilogram. 

Cargill mengklaim hasil uji coba yang dilakukan di Indonesia penggunaan produk premium tersebut mampu mendongkrak masa puncak produksi dari yang biasanya 20 minggu menjadi lebih dari 22 minggu. Selain itu berat telur yang dihasilkan juga pada cukup ideal pada kisaran 60-63 gram. 

"Hasil hitungan analisa ekonomi yang kami lakukan, peternak ayam petelur berpotensi mendapat tambahan keuntungan bersih hingga Rp 500/Kg setelah penggunaan QMax series," imbuhnya. 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »