Kerahkan 65 Pekerja, KPU Tulungagung Lipat 4,3 Juta Surat Suara

Tulungagung - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tulungagung mengerahkan 60 pekerja untuk melakukan pelipatan 4,3 juta suarat suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. Proses pelipatan ditargetkan akan selesai dalam kurun waktu 15 hari.

Ketua KPU Tulungagung, Suprihno, mengatakan dari 65 orang tersebut, 50 orang diantaranya diambilkan dari tenaga profesional yang dimiliki oleh pihak percetakan, sedangkan sisanya dari warga lokal Tulungagung. Ini dilakukan agar pelipatan berjalan dengan cepat, sebab tenaga yang dipekerjakan telah terbiasa di industri percetakan.

"Jumlah surat suara yang dilipat itu 869.622 dikali lima, sehingga totalnya 4.348.110 lembar. Terdiri dari surat suara DPRD kabupaten, DPRD provinsi, DPR RI, DPD dan surat suara presiden," kata Suprihno.

Ditargetkan pelipatan surat suara akan selesai dalam kurun waktu 15 hari. Selain melipat kertas suara, para pekerja juga bertugas melakukan pengecekan ulang apabila ada surat suara yang rusak maupun cacat.

"Sebetulnya di percetakan sudah dilakukan proses sortir, hasilnya memang cukup bagus, terbukti dari beberapa hari pelipatan kerusakan sangat kecil," imbuhnya Suprihno.

Setelah proses lipat kertas suara rampung, KPU Tulungagung akan melanjutkan tahapan dengan melakukan perakitan kotak suara kardus. Perakitan akan dimulai pada 20 Februari mendatang.

"Kami sengaja untuk mendahulukan surat suara, nanti setelah selesai baru kotaknya. Untuk kotak kami targetkan selesai di akhir Maret,  kemudian tahap selanjutnya adalah packing seluruh logistik pemilu yang akan didistribusikan ke setiap TPS," jelasnya.

KPU Tulungagung memastikan kondisi gudang penyimpanan logistik pemilu di wilayahnya cukup representatif, sehingga aman dari berbagai potensi penyebab kerusakan seperti hujan maupun banjir.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »